Komponen RPP Format FKIP Unila

FKIP Unila memiliki format RPP - sama dengan kampus-kampus negeri lainnya yang memiliki jurusan pendidikan.

Di jurusan pendidikan, mahasiswanya di tuntut dan wajib untuk mahir dalam membuat sebuah rencana mengajar yang di sebut RPP.

Universitas Lampung pun memiliki format tersendiri terkait bagian yang ada dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.

Format ini akan menjadi acuan dari mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan di kampus tersebut dalam membuatnya.

Nah setelah saya lihat komponen format tersebut bisa di nilai kalau sangat mendekati yang ada dalam permendikbud tentang standar proses.

Dimana dalam sebuah rpp harus memiliki komponen yang sudah di tetapkan dan tidak boleh kurang satu pun namun boleh di tambahkan sesuai dengan keadaan sekolah.

Lalu, apa saja komponen yang disajikan oleh unila dalam menekankan mahasiswa keguruan nya untuk membuat RPP ? berikut jabarannya :

Komponen RPP Format FKIP Unila 


Melalui situs resmi FKIP UNILA kamu bisa mendownload format RPP ini secara gratis baik bagi mahasiswa maupun praktisi pendidikan untuk di jadikan acuan dalam membuat sebuah rancangan pelaksanaan pembelajaran baik sekolah tingkat dasar (SD), tingkat menengah (SMP, maupun tingkat atas (SMA/K).

Dalam lampiran format rpp yang di sediaakan oleh kampus hijau ini memuat point-point ; identitas, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, Langkah‐langkah Kegiatan Pembelajaran (Skenario Pembelajaran), sumber belajar, penilaian, pengesahan yang terdiri dari tanda tangan si pembuat rpp dan kepala sekolah.

Poin-poin ini masih ada jabarannya lagi secara mendetail dan terstruktur dalam menjelaskan fungsi dari tiap poin dan sub poin turunannya.  Agar lebih jelas silahkan pahami pada penjabaran di bawah ini :

Komponen 1, Identitas

Pada identitas terdapat 12 bagian yang menjelaskan hal ini seperti berikut ini :

  1. Nama Sekolah 
  2. Mata Pelajaran/Tema (topik) 
  3. Kelas/Semester 
  4. Satandar Kompetensi 
  5. Kompetensi dasar 
  6. Indikator 
  7. Indikator Kognitif Produk 
  8. Indikator Kognitif Proses 
  9. Indikator Psikomotor 
  10. Indikator Afektif Karakter 
  11. Indikator Afektif Keterampilan Sosial 
  12. Alokasi Waktu 

Komponen 2, Tujuan Pembelajaran

Dalam bagian ini terdapat 5 hal yang menjelaskan terkait hal ini yaitu :

  1. Kognitif Produk 
  2. Kognitif Proses 
  3. Psikomotor 
  4. Afektif Karakter 
  5. Afektif Keterampilan Sosial

Komponen 3, Materi Pembelajaran

Dalam materi pembelajaran ini uraikan secara rinci (tidak hanya judul dan subjudul). Materi pembelajaran yang disajikan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan pada poin (2) tujuan pembelajaran.

Komponen 4, Metode Pembelajaran

Tuliskan metode pembelajaran yang akan digunakan dan jelaskan mengapa metode tersebut yang digunakan. Metode yang dipilih ini mestinya tidak perlu terlalu banyak karena guru akan mengalami kesulitan ketika membuat skenario pembelajaran (langkah‐langkah pembelajaran).

Komponen 5, Langkah‐langkah Kegiatan Pembelajaran (Skenario Pembelajaran)

Uraikan langkah‐langkah pembelajaran secara rinci (skenario pembelajaran) sesuai dengan metode pembelajaran yang dipilih. Apabila dalam menetapkan metode pembelajaran (poin D) lebih dari satu maka skenario dari masing‐masing metode tersebut harus jelas.

  1. Kegiatan Pendahuluan
  2. Kegiatan Inti
  3. Kegiatan Penutup

Komponen 6, Sumber Belajar

Beberapa hal yang perlu dicantumkan pada sumber belajar antara lain:

  • Alat pembelajaran : Tuliskan secara rinci alat apa saja yang digunakan dalam pembelajaran termasuk jumlahnya.
  • Bahan pembelajaran : Tuliskan secara rinci bahan apa saja yang digunakan dalam pembelajaran termasuk jumlahnya.
  • Media pembelajaran (program presentasi pembelajaran) : Sajikan sebagai lampiran RPP.
  • Peraga pembelajaran : Sajikan sebagai lampiran RPP.
  • Sumber belajar non‐IT : Sumber belajar non‐IT ini dapat berupa buku atau bahan cetak lainnya yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Cara penulisannya sbb.
    • Nama penulis. Tahun. Judul buku (dicetak miring). Kota penerbit. Nama Penerbit. Bab. Halaman.
  • Sumber belajar IT : Sumber belajar IT ini dapat berupa rujukan yang diambil dari internet. Apabila mengambil dari internet maka bahan tersebut harus diprint dan disajikan sebagai lampiran RPP.
  • Buku siswa : Buku siswa dibuat oleh guru. Dalam membuat buku siswa dapat menggunakan bahan yang terdapat pada poin sumber belajar non it dan it. 
  • LKS : Dalam membuat LKS harus mengacu pada tujuan, skenario, dan materi pembelajaran. Saat membuat LKS perlu memanfaatkan alat, bahan, sumber belajar, dan buku siswa. Dengan LKS tersebut siswa dapat melakukan pengamatan, praktik, membuat laporan, berdiskusi, dan melakukan presentasi
Komponen 7, Penilaian
  • Strategi penilaian 
    • Penugasan (PR/Proyek) 
    • Tes 
    • Nontes
  • Instrumen Penilaian
    • Instrumen penugasan dan rubriknya, disertakan (dilampirkan)
    • Instrumen tes dan rubriknya
    • Instrumen nontes dan rubriknya
    • Pedoman penilaian
Komponen 8, Pengesahan

Terdiri dari tanda tangan kepala sekolah dan guru (sebagai si pembuat rpp)

Baik bapak/ibu guru, itulah postingan kali ini tentang komponen RPP format FKIP Unila yang bisa kami sampaikan, semoga postingan ini bisa menjadi referensi bagi bapak/ibu guru semua dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebagai syarat dalam melakukan kbm di kelasmaupunluar kelas.Terimakasih sudah berkunjung jangan lupa bagikan ke guru lain jika ini bermanfaat terimakasih. wasalamualaikum. 

Kata kunci pilihan : komponen rpp k13 dan penjelasannya, komponen rpp k13 terbaru, komponen rpp abad 21, komponen rpp ktsp, komponen rpp 1 lembar, komponen rpp k13 revisi 2019, komponen rpp terbaru 2020,  3 komponen rpp.

Belajar TIU CPNS #1 - Bilangan Berpangkat (Eksponen)

Belajar TIU CPNS - Pada postingan pertama ini tentang soal Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 kita akan membahas tentang Bilangan Eksponen / b...