4 Aspek Kompetensi Inti (KI) yang ada Di RPP

Bagian penyusun RPP pertama telah kita bahas.

Bagian itu adalah identitas yang perlu dicantumkan dalam RPP.

Karena sebuah perencanaan pembelajaran yang baik adalah mencantumkan point-poin penysun RPP.

Jika salah satu saja tidak dicantumkan, maka bisa dipastikan kalau rencana pembelajaran tersebut kurang rekomendasi untuk diikuti.

Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah bagian penyusun RPP selanjutnya yang bernama Kompetensi Inti atau yang sering disingkat KI. 

Kompetensi Inti ini yang menjadi acuan untuk hal pokok yang harus dicapai oleh siswa terkait 4 aspek.

4 aspek ini harus dicapai oleh siswa, dimana guru harus memfasilitasinya melalui pembelajaran terkait materi yang disampaikan.

Lalu apa saja 4 Aspek komptensi inti tersebut ?


Berikut jabarannya 

Dalam kompetensi inti yang diberlakukan dalam kurikulum 2013 atau K13 terdapat 4 aspek yaitu :

Aspek 1, Spiritual

Apa itu aspek spiritual ?

Adalah aspek pertama dalam KI yang harus dicapai oleh siswa. 

Aspek ini mencakup spiritual bermoral yang harus selalu ada dalam diri siswa dalam menanggapi / memikirkan ilmu yang didapat.

Dengan aspek ini diharapkan siswa bisa menghubungkan bahwa semua yang ada di dunia ini merupakan ciptaan Tuhan dan harus dimanfaatkan dan digunakan sebagaiman mestinya.

Dengan adanya aspek ini juga agar siswa tidak menggunakan ilmu yang didapaat secara kurang baik atau tidak sesuai dengan norma hukum maupun norma adat karena sudah sadar kalau semua harus dipertanggung jawabkan kelak.

Aspek 2, Sosial

Aspek sosial adalah aspek kedua yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran yang tercantum didalam RPP yang dibuat oleh Guru.

Aspek sosial ini akan menjembatani siswa dalam kegiatan sosial didalam kelas dimana siswa harus mampu bersosialisasi baik dengan teman, guru, dan warga lingkungan di sekolah.

Aspek ini dapat dinilai oleh guru terutama dalam kegiatan kelompok yang diperintahkan oleh guru dan apa peran siswa yang bersangkutan di dalam kelompok tersebut.

Aspek 3, Pengetahuan

Aspek selanjutnya adalah aspek pengetahuan yang ada dalam RPP.

Aspek ini merupakan aspek utama dan yang pertama dijabarkan dalam kegiatan pembelajaran.

Penjabaran aspek pengetahuan yang harus dicapai untuk materi pada pertemuan tersebut ditentukan berdasarkan Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk penilaiannya bisa menggunakan soal pilihan berganda, essay, atau lisan yang tentunya harus disesuaikan dengan materi yang ada.

Aspek 4, Keterampilan

Aspek keterampilan adalah keterampilan yang harus dicapai oleh siswa terkait materi yang dipelajari. 

Banyak yang salah kalau keterampilan merupakan keterampilan praktek. Tidak sebatas itu, aspek keterampilan ini lebih tepatnya adalah keterampilan apa yang harus siswa capai pada materi yang dipelajari.

Sebagai contoh materi pembuatan makalah maka keterampilan siswa yang harus dicapai adalah keterampilan siswa dalam membuat makalah tersebut.

Baca juga : persiapan sebelum membuat RPP

Atau pada materi mikroorganisme misalnya, maka jika KD mengharuskan siswa terampil dalam menggunakan alat-alat pengamatan dalam mengamati mikroorganisme yang ada pada materi. maka guru harus membuat pembelajaran Praktek untuk itu.

Jadi untuk keterampilan tidak sebatas pada praktek saja, karena keterampilan tidak harus dilakukan menggunakan praktek secara langsung.

Untuk informasi secara detail tentang Kompetensi Inti, Guru bisa membacanya dalam "Permendikbud No. 24 Tahun  2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013" pada postingan berikut ini : Download Permendikbud No. 24 Tahun  2016

Demikian postingan ini disampaikan terkait 4 aspek kompetensi inti yang ada di RPP, semoga bermanfaat dan bisa dimanfaatkan 

Kata kunci pilihan : isi kompetensi inti, kompetensi inti sd, contoh kompetensi inti dan kompetensi dasar, kompetensi inti dan kompetensi dasar pdf, kompetensi inti paud, kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 doc, kompetensi inti smp, perbedaan kompetensi inti dan kompetensi dasar

Belajar TIU CPNS #1 - Bilangan Berpangkat (Eksponen)

Belajar TIU CPNS - Pada postingan pertama ini tentang soal Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 kita akan membahas tentang Bilangan Eksponen / b...