Bagian-bagian Penyusun RPP

Mari kita pahami bagian penyusun RPP.

Sama seperti jika kita ingin membuat sebuah makalah misalnya.

Maka dalam makalah itu terdapat bagian-bagian penyusunnya sehingga terbentuk sebuah makalah yang utuh. 

Nah, begitu juga ketika ingin membuat sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, maka ada bagian-bagian penyusunnya yang harus guru ketahui.

Sebenarnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran itu terdiri dari apa saja sehingga tercipta sebuah RPP yang baik dan benar sebagai pedoman guru dalam mengajar?

Mari kita bahas pada postingan kali ini.

Baca juga : pengertian RPP dan fungsinya untuk guru dan siswa

RPP Tersusun Dari Apa ?


RPP tersusun dari beberapa bagian mulai dari cover hingga lampiran, ini RPP yang lengkap dan sangat dianjurkan namun tidak wajib. Mengapa ? karena untuk cover bisa di buat untuk 1 semester sebagai muka kumpulan dari RPP.

Namun tidak dilarang juga jika seorang guru ingin membuat 1 RPP dengan 1 cover maka lebih baik dan lebih dianjurkan, karena sebenarnya untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran itu harus dibuat satu persatu dan disesuaikan dengan kondisi siswa dan kelas.

Baca juga : Persiapan sebelum membuat RPP

Masalahnya banyak guru yang membuat RPP sekali gus untuk satu semester bahkan satu tahun ajaran dan parahnya lagi ini merupakan hasil download maupun meminta joki untuk membuatnya. Padahal RPP harus dibuat oleh guru yang bersangkutan sendiri karena gurulah yang faham apa kebutuhan siswa dan kelas yang ia emban.

Semoga dengan membaca artikel diblog ini akan banyak guru yang sadar bahwa pentingnya RPP untuk dibuat sendiri bukan hasil download ataupun hasil joki. Karena hal itu akan berdampak buruk bagi siswa dan pendidikan Indonesia kedepannya.

Mengapa banyak guru yang malas membuat RPP ?

Sebenarnya ada banyak hal mulai dari tidak ada waktu atau belum mengerti apa itu RPP.

Padahal membuat RPP itu sangat mudah jika guru tahu point penting sebuah RPP dan bagian-bagian penyusunnya.

Berikut ini bagian-bagian penyusun RPP yang wajib guru ketahui agar mempermudah dalam membuatnya.

Bagian-bagian penyusun RPP

  1. Identitas 
  2. KI
  3. KD
  4. Indikator pencapaian kompetensi
  5. Tujuan Pembelajaran
  6. Materi Pembelajaran
  7. Model dan Metode Pembelajaran
  8. Sumber dan Media Pembelajaran
  9. Kegiatan pembelajaran
  10. Penilaian
Oke, guru harus menghafalkan terlebih dahulu bagian-bagian itu sebelum membuat sebuah RPP. Mengapa harus di hafal ? karena jika seorang guru hafal maka akan lebih muda bagi ia untuk membuat RPP dikemudian hari.

Untuk penjabaran dan contoh dari setiap bagian tersebut akan kita bahas di postingan lain supaya guru lebih mudah dalam memahaminya.

Demikianlah postingan kali ini seputar kerangkah penysusun RPP yang bisa guru terapkan ketika akan membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu guru sekalian, aamiin. Terimakasih sudah mengunjungi blog ini dan jangan lupa untuk bertanya di kolom komentar jika ada pertanyaan dan share ke sesama guru. Salam

Kata kunci pilihan : bagian rpp, cara membuat rpp, rpp yang baik dan benar, contoh rpp, prosedur pembuatan rpp, rpp kurikulum 2013, rpp ktsp, rpp 2013 ipa, contoh rpp ipa terbaru, contoh rpp smp ipa

Belajar TIU CPNS #1 - Bilangan Berpangkat (Eksponen)

Belajar TIU CPNS - Pada postingan pertama ini tentang soal Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 kita akan membahas tentang Bilangan Eksponen / b...