Persiapan Sebelum Membuat RPP

Sebelumnya kita sudah membahas apa itu RPP dan Fungsinya

Pada postingan kali ini, akan menerangkan terkait apa saja persiapan yang harus disediakan sebelum membuat sebuah RPP

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran sudah kita ketahui manfaatnya sangatlah penting bagi seorang guru maupun siswa saat kegiatan KBM berlangsung.

Kegiatan Belajar Mengajar yang berpedoman pada RPP akan terarah dan sesuai dengan indikator yang menjadi target pencapaian untuk materi yang harus dimengerti oleh siswa.

Sebagai contoh jika untuk materi kelas 9 bab 1 Sistem Reproduksi Pada Manusia maka seorang guru harus menetapkan indikator pencapaian kompetensi untuk materi ini yang harus dicapai semua siswa.

Indikator juga harus dibuat sesuai sub bab yang ada di bab bersangkutan. Misalkan untuk bab diatas maka terdapat sub bab yaitu:

  • Pembelahan Sel
  • Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada Manusia
  • Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan Upaya Pencegahanya
  • Nah, untuk sub-bab ini harus dibuat apa yang harus dicapai siswa sehingga ketika nanti siswa sudah selesai mengikuti pembelajaran bisa mengerjakan tugas/soal materi tersebut, serta pemahaman terhadap ilmunya terlaksana.

    Untuk itulah sebuah RPP sangatlah penting untuk dibuat oleh guru sebelum mengadakan kegiatan pembelajaran dikelas. Dan dalam pembuatan RPP juga harus baik dan tidak sembarangan. Untuk membuat RPP yang baik maka diperlukan persiapan.

    Persiapan Sebelum Membuat RPP 


    Jika berbicara persiapan tentunya berhubungan dengan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Jika ingin membuat RPP maka alat dan bahan yang dibutuhkan sudah pasti yaitu Kompetensi Dasar atau disingkat dengan KD.

    Bagaimana KD kita dapat ? didapat dari kemendikbut yang diedarkan kesekolah-sekolah atau bisa juga langsung mendownloadnya di internet. namun perlu diperhatikan juga kalau setiap KD dalam kurikulum itu akan beda. Sebagai contoh Kurikulum 2013 memiliki KD yang berbeda dengan Kurikulum KTSP atau KBK.

    Gunakan KD sesuai kurikulum yang berlaku di Indonesia dan sekolah tempat guru mengajar. Jika kurikulum yang berlaku di Indonesia adalah 2013 Revisi namun sekolah guru masih menggunakan 2013 sebelum revisi maka gunakan yang belum revisi, namun tetap pelajari revisi terbaru sehingga guru tidak tertinggal informasi.

    Guru juga harus aktif dalam forum pengembangan diri seperti KKG atau sebagainya yang mana biasanya didalam forum tersebut akan ada yang memberikan info terkait perkembangan pendidikan di Indonesia, selain itu peran kepala sekolah juga sangatlah penting agar info yang beredar cepat tersampaikan ke guru.

    Oke demikianlah postingan kali ini tentang Persiapan apa saja yang dibutuhkan sebelum membuat sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang bisa di share. Semoga info ini bermanfaat bagi guru-guru semua dan jangan lupa tulis dikolom komentar jika ada pertanyaan. terimakasih. Wassalamualaikum.

    Kata kunci pilihan : cara membuat RPP, tips membuat RPP, RPP, bagaimana membuat rpp, RPP yang baik dan benar, contoh RPP 2013, contoh rpp IPA

    Belajar TIU CPNS #1 - Bilangan Berpangkat (Eksponen)

    Belajar TIU CPNS - Pada postingan pertama ini tentang soal Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 kita akan membahas tentang Bilangan Eksponen / b...