Bagian-bagian Identitas Di RPP Dan Contohnya

Sebelumnya kita sudah bahas bagian penyusun RPP

Yang bisa guru baca pada postingan tersebut dan usahakan di hapal

Pada artikel itu dijabarkan 10 komponen yang harus ada di dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Di pos kali ini adalah lanjutan dari artikel tersebut untuk memfokuskan membahas identitas yang merupakan salah satu bagian penting di RPP.

Informasi ini sangat berguna untuk guru sebelum membuat perencanaan pembelajaran yang akan dilakukan di dalam kelas bersama siswa.

Sebagai pengingat kembali bahwa untuk menghasilkan Rencana Pembelajaran yang baik dan benar, guru harus benar-benar khatam apa itu RPP.

Oleh sebab itu blog ini mencoba membahas secara bertahap dan secara sederhana dengan bahasa yang ringan agar yang membacanya lebih mudah memahaminya.

Lalu, apa itu Identitas dalam RPP ?

Sesuai dengan katanya, yaitu identitas yang berarti sesuatu yang memuat beberapa informasi agar mempermudah si pembaca mengetahui sebuah berkas.

Nah, dalam RPP juga dibutuhkan identitas dengan tujuan yang sama pada dokumen-dokumen atau surat-surat lainnya.

Identitas didalam sebuah RPP mencakup:

  1. Nama satuan pendidikan/sekolah
  2. Mata pelajaran
  3. Kelas
  4. Semester
  5. Alokasi waktu
  6. Bisa ditambahkan nama guru, tanggal dan waktu

Identitas ini diletakan di bagian paling atas pada sebuah RPP, dimana dalam penulisannya dapat menggunakan kalimat tebal atau biasa.  Ada juga beberapa format yang menggunakan tabel untuk bagian ini.

Jadi tergantung format mana yang akan digunakan dan berlaku di satuan pendidikan yang guru jalani. Karena yang terpenting adalah bagian ini dicantumkan didalam sebuah rencana pembelajaran.

Mengapa identitas diperlukan? Tujuannya agar mempermudah guru dalam menemukan dokumen ini dan apabila ada pemeriksaan dari dinas pendidikan, guru dapat dengan mudah menunjukan. Selain itu hal terpenting dengan dibuatnya identitas ini adalah untuk membedakan mana RPP untuk semseter dan jenjang kelas yang dituju oleh RPP.

Berikut contoh format identitas yang ada di berbagai RPP

Contoh 1

Contoh 2

Contoh 3

Demikianlah postingan kali ini yang membahas tentang identitas RPP yang perlu dicantumkan oleh guru di RPP yang dibuat. Semoga ini bisa bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke guru lainnya supaya semua tahu. Terimakasih sudah mampir. Wassalamualaikum.

Kata kunci pilihan : bagian-bagian rpp, identitas rpp, cara membuat identitas rpp, bagian-bagian identitas pada rpp, fungsi identitas rpp, identitas rpp diletakan dimana ? 

Belajar TIU CPNS #1 - Bilangan Berpangkat (Eksponen)

Belajar TIU CPNS - Pada postingan pertama ini tentang soal Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 kita akan membahas tentang Bilangan Eksponen / b...