Apa itu RPP ? dan Apa Fungsinya

RPP adalah singkatan dari Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. 

Dibuat oleh guru sehari atau jauh-jauh hari sebelum masuk ke dalam kelas

Rencana guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran baik di kelas atau luar kelas harus ada senjatanya

Senjatanya salah satunya ya RPP ini, dimana semua alur kegiatan di hari itu akan mengikuti apa yang di tulis di dalam pedoman mengajar ini.

Jika guru tidak membuat. Ketika mengajar akan kurang maksimal dan tidak adanya indikator yang harus dicapai bagi siswa-siswi yang mengikuti KBM tersebut.

Kalau kurang maksimal mengajarnya, maka materi tidak bisa dipahami oleh semua murid karena yang paham pasti anak-anak yang memiliki kecerdasan yang tinggi saja, sedangkan siswa biasa akan kesulitan.

Dari jabaran saya diatas sebenarnya kita sudah bisa mengambil sebuah point penting dan bisa kita jadikan sebagai fungsi dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) itu.

Fungsi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 


Fungsi dari sebuah RPP bisa dibagi menjadi dua terkait manfaatnya yaitu :

  • Fungsi bagi guru
  • Fungsi bagi siswa

Untuk guru fungsinya sebagai pedoman dan acuan dalam mengajar, dimana kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, sanpai kegiatan penutup harus di rencanakan dan di tuangkan kedalam RPP ini.

Fungsi untuk siswa yaitu seluruh siswa dalam kelas dapat mengerti pelajaran yang diajarkan pada saat ini yang mengacu dari RPP. Karena sebuah RPP yang baik harus menggunakan metode pembelajaran yang baik, tepat, smart, dan efisien untuk seluruh siswa yang memiliki berbagai latar belakang dan tingkat intelejensi yang berdeda-beda.

Kesimpulannya adalah RPP harus dibuat oleh guru (wajib) hukumnya sebelum mengajar dan berfungsi sebagai acuan dalam kegiatan belajar mengajar pada hari itu dan untuk satu KD yang telah ditetapkan oleh pemerintah (kemendikbut/dikti).

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya ini, jangan lupa tulis komentar jika ada pertanyaan. Jika suka silahkan share juga ke teman-teman kamu ya. Salam guru IPA.

Belajar TIU CPNS #1 - Bilangan Berpangkat (Eksponen)

Belajar TIU CPNS - Pada postingan pertama ini tentang soal Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 kita akan membahas tentang Bilangan Eksponen / b...