Pengertian Kompetensi, Dan Kompetensi Dasar (KD)

Pada post kali ini kita akan membahas KD

KD adalah singkatan dari Kompetensi Dasar 

Untuk memahami KD pertama-tama kita jabarkan dulu pengertian Kompetensi

Definisi Kompetensi berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 adalah :

"Kompetensi adalah seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh Peserta Didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatu program, atau menyelesaikan satuan pendidikan tertentu"

Jika kita amati ada 3 point utama dalam kompetensi yaitu : sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Ketiga point ini harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai peserta didik setelah mempelajari :

  • Suatu muatan pelajaran
  • Menamatkan suatu program
  • Menyelesaikan satuan pendidikan (formal / non-formal)

Sekarang kita sudah ada acuan jika seseorang belajar/mengikuti suatu program/mengikuti suatu pendidikan formal/non-formal goal akhirnya adalah harus memiliki/ menghayati/ menguasai sebuah kompetensi.

Baca juga : 4 aspek kompetensi inti dalam rpp

Lalu Apa Itu Kompetensi Dasar ?


Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh Peserta Didik melalui pembelajaran. Pengertian ini tercantum di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013.

Dalam KD ada point penting, yaitu kemampuan dalam mencapai KI ketika selesai mengikuti pembelajaran.

Jika kemampuan dasar ini tidak tercapai maka bisa dibilang pembelajaran yang dilakukannya mengalami kegagalan atau belum tercapai.

Sedangkan dalam Permendikbud No.24 Tahun 2016 Tentang KI dan KD pasal 2. bahwa yang namanya Kompetensi Dasar adalah :

"Kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti"

Demianianlah postingan ini tentang pengertian kompetensi dan kompetensi dasar yang bisa kami jabarkan. Semoga bisa membantu dan memberi manfaat bagi guru semua, aamiin. terimakasih sudah berkunjung di blog ini. Salam

Kata kunci pilihan : contoh kompetensi dasar, fungsi kompetensi dasar, contoh kompetensi dasar dan indikator kurikulum 2013, contoh standar kompetensi dan kompetensi dasar, pengertian kompetensi dasar kurikulum 2013, perbedaan standar kompetensi dan kompetensi dasar, kompetensi inti dan kompetensi dasa.

Belajar TIU CPNS #1 - Bilangan Berpangkat (Eksponen)

Belajar TIU CPNS - Pada postingan pertama ini tentang soal Calon Pegawai Negeri Sipil 2021 kita akan membahas tentang Bilangan Eksponen / b...